Sejarah Web Browser

SEJARAH PERKEMBANGAN WEB BROWSER

Web di ciptakan oleh sebuah organisasi di eropa bernama CERN.Demi kelancaran dan kemudahan komunikasi dan penyaluran informasi antar anggota yang tersebar di dunia,peneliti CERN membuat sebuah sistem yang bisa menampilkan informasi dalam bentuk grafik,gambar dan suara.Supaya bisa disajikan dan bisa di akses oleh semua pengguna,maka di buat lah Web Browser.Web Browser ini di temukan oleh orang yang di juluki Bapak Internet yaitu Berners Lee pada awal tahun 1991.Nama penjelajah tersebut kemudian diubah menjadi Nexus.
Lahirnya web 2.0 mengembalikan internet ke fungsi awalnya serta menjadikannya lebih interaktif. Disinilah era dari youtube, wikipedia, dan blog. Tidak ada penemuan lain diluar browser yang memungkinkan orang berbelanja secara online, memeriksa email, atau melakukan transaksi perbankan secara online. Namun, keberagaman fungsi ini memunculkan kelemahan. Browser menjadi target serangan para hacker. Celah-celah dalam script PHP, flash plug-in atau kesalahan pada program membuka pintu bagi masuknya program-program perusak.
Alat pertama kali yang digunakan melakukan pencarian melalui internet disebut “Archie”. Diciptakan tahun 1990 oleh Alan Emtage,siswa dari Universitas Mcgill di Montreal. Program tersebut mendownload daftar direktori dari semua file dan ditempatkan pada alamat FTP, menciptakan suatu filename database yang bisa dicari.
Program yang lainnya yaitu “Veronica” dan “Jughead”, yang berfungsi untuk mencari file yang disimpan dalam sistem index Gopher. Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives) menyediakan pencarian menggunakan kata kunci di menu judul dalam seluruh daftar Gopher. Jughead ( Jonzy’s Universal Gopher Hierarchy Excavation And Display ) adalah alat untuk memperoleh menu informasi dari beberapa jenis Gopher server.
Pada bulan April 1990, sebuah rancangan aplikasi untuk halaman browsing melalui link “PageLink” diusulkan oleh Craig Cockburn di Digital Equipment Co Ltd (DEC) . Aplikasi ini menampilkan layar sentuh browser “keyboardless” bagi konsumen, memperkenalkan “navigating and searching text” dan “bookmark” dengan tujuan utamanya adalah untuk memperkenalkan fasilitas-fasilitas baru yang dapat memudahkan kehidupan konsumen seperti , “menyimpan daftar belanja” “memiliki sebuah koran pribadi yang terus update “,” memiliki peta dinamis di dalam mobil ” serta menunjukkan alat tersebut bisa memiliki efek mendalam pada industri periklanan.
Pada tahun 1992, Tony Johnson merilis browser MidasWWW. Berdasarkan Motif / X, MidasWWW memungkinkan tampilan file PostScript di Web dari Unix dan VMS, dan bahkan dapat menangani compressed PostScript. Web browser populer lainnya adalah ViolaWWW, dengan model HyperCard.
Web Browser pada web yang pertama adalah “Wandex”, suatu nowdefunct index yang dikumpulkan oleh World Wide Web Wanderer, suatu Web Crawler yang dikembangkan oleh Matthew Gray lulusan MIT tahun 1993.
Browser/Penjelajah web pertama kali berbasis teks, seperti halnya Lynx yang populer hingga sekarang, karena memang sistem dengan antarmuka grafis belum umum digunakan pada saat itu. Baru setelah sistem berbasis grafis mulai banyak digunakan, Pada tahun 1993 seorang mahasiswa bernama Marc Andressen di University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat, membuat sebuah penjelajah web berbasis grafis pertama yang berjalan di atas sistem operasi Windows dan UNIX (berbasis Motif). Penjelajah web tersebut dinamai Mosaic, “perampan web populer pertama di dunia”, yang membuat sistem internet mudah digunakan dan lebih mudah diakses oleh orang kebanyakan.
Selanjutnya, setelah lulus dari universitas, Marc ditawari oleh Jim Clarc, salah seorang petinggi Silicon Graphics Incorporated (SGI), untuk membuat perusahaan dengan nama Mosaic Communication, yang kemudian berubah menjadi Netscape Communication. Marc membuat sebuah penjelajah web populer pertama yang digunakan oleh umum, yang disebut dengan Netscape Navigator. Pada saat pengembangannya, Navigator memiliki nama kode Mozilla. Navigator merupakan penjelajah web komersial, akan tetapi seiring dengan waktu akhirnya Navigator pun menjadi dapat diperoleh secara gratis. Sementara itu, penjelajah web Mosaic yang gratis tidak diteruskan lagi pengembangannya, dan diserahkan kepada NCSA (National Computing for Supercomputer Application). Karena NCSA tidak memiliki izin untuk mengomersialkan produk Mosaic, NCSA akhirnya menjual Mosaic kepada Spyglass, yang akhirnya membuat Mosaic menjadi penjelajah web komersial.
Microsoft menanggapinya dengan menciptakan Internet Explorer pada tahun 1995, juga sangat dipengaruhi oleh Mosaic, dan memulai perang penjelajah web pertama di industri internet. Dibundel dengan Windows, Internet Explorer memperoleh dominasi di pasar penjelajah web. Raihan penggunaan Internet Explorer memuncak dengan jumlah lebih dari 95% pada tahun 2002.
Pada tahun 1996, Pasar browser Netscape’s share mencapai angka 86% (dengan Internet Explorer merayap naik 10%), tetapi kemudian Microsoft mulai mengintegrasikan browser dengan sistem operasi dan menjalin hubungan bundling dengan OEM. Walaupun pada awalnya Microsoft menghadapi “Antitrust Ligitation”, tetapi akhirnya perang browser berakhir setelah Netscape menyatakan tren pasar saham bersifat ireversibel. Sebelum dirilisnya Mac OS X, Internet Explorer dan Netscape menjadi browser utama yang digunakan pada platform Macintosh.
Karena Netscape tidak dapat melanjutkan pendanaan pengembangan produk komersial, Netscape menanggapinya dengan membuka sourcing produk, menciptakan Mozilla. Pada akhirnya Netscape dibeli oleh America Online pada akhir tahun 1998. Awalnya, proyek Mozilla berjuang untuk menarik pengembang. Tetapi perkembangannya begitu cepat sampai pada tahun 2002 Mozilla telah berkembang menjadi sebuah suite internet yang relatif stabil dan kuat. Pada tahun 2002 akhirnya Mozilla 1.0 dirilis.
Opera memulai debutnya pada tahun 1996, meskipun belum pernah mencapai penggunaan secara luas, memiliki kurang dari 2% pangsa penggunaan browser pada Februari 2012 menurut Net Applications. Versi mini Opera (Opera Mini) memberikan tambahan pangsa pasar, pada bulan April 2011 sebesar 1,1% pada penggunaan penjelajah web secara keseluruhan, tetapi terfokus pada pasar ponsel yang tumbuh cepat. Opera Mini terinstal pada lebih dari 40 juta ponsel. Opera Mini ini juga tersedia di beberapa sistem benam lain, termasuk konsol video game Nintendo Wii.
Pada tahun 1998, Netscape meluncurkan apa yang kemudian akan menjadi Mozilla Foundation dalam upaya menghasilkan browser kompetitif dengan menggunakan model perangkat lunak sumber terbuka. Penjelajah web tersebut akhirnya akan berkembang menjadi Firefox. Hingga Agustus 2011, Firefox memiliki pangsa pasar 28% penjelajah web dunia.
Safari merilis versi beta-nya pada Januari 2003. Hingga April 2011, Safari memiliki pangsa dominan untuk penjelajah web berbasis Apple, dan menguasai lebih dari 7% dari pasar penjelajah web dunia.
Pendatang baru di pasar penjelajah web adalah Google Chrome. Pertama kali dirilis pada bulan September 2008, popularitas Chrome meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun, dengan menggandakan pangsa penggunaannya dari 8% menjadi 16% pada bulan Agustus 2011. Peningkatan ini berbanding terbalik dengan popularitas Internet Explorer yang cenderung menurun dari bulan ke bulan. Pada Desember 2011, Google Chrome menyalip Internet Explorer 8 sebagai web browser yang paling banyak digunakan namun tetap lebih rendah jika dibandingkan dengan jumlah gabungan semua versi Internet Explorer yang digunakan.

Macam-macam Web Browser dan perkembangannya :

1. Internet Explorer
Di awal tahun 1990, di awal sejarah hingga sampai ke dalam Dunia Web yang luas sungguh sangat memprihatinkan karena pemakai yang relatif sedikit dalam berhubungan dengan jaringan global ini. Mereka memakai aneka-rupa membagikan perangkat lain dan perangkat halus bagi Microsoft Windows® dengan membedah sistem.
Pada tahun 1995, Microsoft mengadakan Strategi Internet sehari dan mengumumkan janjinya dengan menambahkan kemampuan Internet pada semua produknya. Di fulfillment pengumuman itu, Microsoft Internet Explorer tiba sebagai baik graphical Jaringan browser maupun nama untuk seset teknologi.
1995: Internet Explorer 1.0
Pada Juli 1995, Microsoft mengeluarkan Windows dengan menjalankan sistem, yang memasukkan bantuan yang terpasang dengan tombol penyetel ke atas untuk menciptakan jaringan kerja dan TCP/IP (Protokol Kontrol Pengiriman/Protokol Internet), karena teknologi pokok berhubungan dengan Internet. Dijelaskan sampai pada kepentingan umum yang semakin meningkat di Internet, Microsoft menciptakan dan menambahkan hingga sampai dengan sistem yang menjalankan dan menganggap Internet Explorer 1.0. Debut waktu Windows 95 dengan Internet Explorer, menjadikan Internet Explorer menjadi lebih banyak lagi dicapai bagi banyak orang.
Teknologi Internet Explorer semula dikapalkan sebagai Internet Jump start Kit di Microsoft Plus! Untuk Windows 95. Internet Explorer mengganti keperluan karena instalasi manual yang tidak praktis dalam melangkah bila diperlukan oleh banyak shareware browsers.
1995 : Internet Explorer 2.0
Pada November 1995, Microsoft mengeluarkan browser terlebih dulu, Internet Explorer 2.0, yang mendukung baik pemakai Windows Macintosh maupun sebanyak 32 bit. Dengan Internet Explorer 2.0 datang beberapa teknologi Internet baru yang menawari pengembangan Jaringan dan perancang kekuasaan untuk mendesain Web Site media yang aman dengan kemampuan pelacakan. Internet Explorer 2. 0 adalah teknologi memperkenalkan Secure Socket Layer (SSL) protokol serta bantuan untuk HTTP, Bahasa Keperagawatian Realiti Maya (VRML), dan Internet newsgroups.
1996 : Internet Explorer 3.0
Pada Agustus 1996, Microsoft betul-betul mengeluarkan kembali teknologi Internet Explorer, yang termasuk dengan roman revolusioner untuk waktu. Didesain untuk Windows 95, Internet Explorer 3.0 adalah teknologi yang menawari bagian yang berguna dan dengan segera dapat menarik pemakai, termasuk Pos Internet dan Berita 1.0 dan Windows Address Book. Dan bertambah, Microsoft NetMeeting® dan Windows Media Player. Sekarang Internet Explorer browser bisa mendasar pada berkas GIF dan JPG, memainkan berkas baik pada MIDI, dan bermain dengan mengakases audio berbaris tanpa bantuan.
Bagi pengembangan Jaringan, teknologi Internet Explorer 3.0 mengantarkan model dengan menyusun secara fleksibel dan dengan pilihan bahasa yang dikembangkan. Perancang jaringan juga menerima hasil yang lebih bisa ditebak, terimaksih kepada Cascading Style Sheets (CSS). Moreoever, Internet Explorer 3.0 yang didesain untuk memperbolehkan pengembang Jaringan memperpanjangnya dengan mudah pada waktu ketika ukuran Internet sedang cepat berkembang.
1997: Internet Explorer 4.0
Desain dari Windows 95, Windows 98, dan Windows NT®, teknologi Internet Explorer 4.0 adalah ibarat seorang pemain depan dengan langkah berarti. Bagi pengembang Jaringan, tambahan Dynamic HTML (DHTML) menandakan langkah berikutnya di pola Jaringan. DHTML memberi pengembang Jaringan lebih banyak kontrol tentang isi dan gaya yang membuat kesempatan yang dulunya sudah mungkin hanya dengan lamaran perangkat halus.
Kemungkinan Web Pages menjadi lebih banyak lagi interaktif— pemakai bisa memperluas menu dengan tombol atau penyeretan tampilan dan benda di sekitarnya. Rupanya jaringan memulai lebih banyak seperti lamaran dan permainan bahwa orang biasa mengurangi rentetan statis halaman.
Dengan Internet Explorer 4.0, Microsoft Outlook® Express 4.0 juga dilantik untuk pertama kalinya sebagai peningkatan ke Pos Internet dan Berita. Bagian ini yang terpasang tetap memperbaiki pemakai dengan cara mengirim, menerima, dan mengumpulkan buku e-mail dan alamat mereka.
1998 : Internet Explorer 5.0
Pada September 1998 pembebasan teknologi Internet Explorer 5.0, pengembang dapat mampu untuk mendesain beberapa Jaringan yang lebih spesifik. Kemampuan DHTML diperluas, memberikan pengembangan Jaringan lebih banyak keluesan dan tenaga untuk membuat Web Site interaktif.
Sekarang personalisasi menjadi fokus pokok sewaktu Jaringan yang berpusat di DHTML muncul. Pemakai dapat menemui jaringan yang ada di Web— misalnya, laporan biaya secara otomatis bisa membentuk sendiri berdasarkan tempat personalisasi pemakai. Dengan kemampuan menyusun yang diperluas, teknologi Internet Explorer 5.0 menolong penerima tamu pada era baru perdagangan.
2001 : Internet Explorer 6
teknologi Internet Explorer 6 dikeluarkan dengan Windows XP pada tahun 2001 secara lebih pribadi, dan dapat diandalkan, dengan teknologi yang fleksibel daripada versi sebelumnya. Karena kebebasan pribadi dan keamanan sudah menjadi prioritas pelanggan, Microsoft menggunakan alat yang dapat menyangga Platform for Privacy Preferences (P3P), teknologi yang dikembangkan oleh World Wide Web Consortium (W3C).
Dari pemakai rumah yang dengan sederhana melihat-lihat isi pada Jaringan, dan administrator menyebarkan serta mengurusi beberapa teknologi Internet Windows, kepada pengembang Jaringan yang memberikan isi Jaringan, teknologi Internet Explorer 6 menyediakan kebebasan untuk mendapatkan yang terbaik dari Internet.

2. Mozilla Firefox
Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar plartfrom gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Versi 3.0 dirilis pada 17 Juni 2008.
Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 november 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall street journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.
Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan client e-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmi Yayasan Mozilla.
Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser-browser lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan browser pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefox ditargetkan untuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorer keluaran Microsoft (browser paling populer dengan margin yang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinya perang browser.
Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya—pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standard web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware—dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting. Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan.
Versi 2.0 diluncurkan pada 24 Oktober 2006. Pada versi 2.0 ini, Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan “crash” jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki.
Versi 3.0 yang diluncurkan pada 17 Juni 2008 merupakan versi pertama yang mendukung antarmuka Bahasa Indonesia.

3. Google Chrome
Pengembang Google memulai pengkodean sistem operasi pada tahun 2009, diilhami oleh popularitas tumbuh dan rendah konsumsi daya dari netbook dan fokus dari laptop kecil pada akses internet. Untuk memastikan persyaratan pemasaran untuk sistem operasi difokuskan pada transaksi web netbook, perusahaan tidak melakukan penelitian demografis yang biasa umumnya terkait dengan sebuah proyek pengembangan perangkat lunak besar. Sebaliknya, insinyur mengandalkan metrik lebih informal, termasuk pemantauan pola penggunaan dari beberapa mesin 200 OS Chrome digunakan oleh karyawan Google. Pengembang juga mencatat pola penggunaan mereka sendiri. Matius Papakipos, mantan direktur teknik untuk Chrome OS proyek, menempatkan tiga mesin di rumahnya dan mendapati dirinya login untuk sesi singkat. Untuk membuat permintaan pencarian tunggal atau mengirimkan email pendek.
Pada tanggal 19 November 2009, Google merilis kode sumber Chrome OS sebagai Chrome OS proyek. Sebagaimana dengan proyek open source lainnya, pengembang memodifikasi kode dari Chrome OS dan membangun versi mereka sendiri, sedangkan Google Chrome OS kode hanya akan didukung oleh Google dan mitra-mitranya, dan hanya akan berjalan pada perangkat keras yang dirancang untuk tujuan tersebut. Tidak seperti Chromium OS, OS Chrome akan secara otomatis diperbarui ke versi terbaru InformationWeek resensi Serdar Yegulalp menulis bahwa Chrome OS akan menjadi produk, yang dikembangkan untuk tingkat integrasi pada hardware yang lebih tinggi, sedangkan Chromium OS tidak memiliki secara default sistem tersebut.
Pada konferensi pers 19 November 2009, Sundar Pichai, wakil presiden Google, menunjukkan versi awal dari sistem operasi. Dia memperlihatkan desktop yang tampak sangat mirip dengan Chrome browser, dan sebagai tambahan dalam tab browser biasa juga memiliki tab aplikasi, yang mengambil lenih sedikit ruang dan dapat dismart kan untuk akses yang lebih mudah. Dalam konferensi tersebut, sistem operasi ini dapat booting hanya dalam tujuh detik, Google menyatakan akan bekerja untuk mengurangi waktu tersebut.
Juga pada 19 November, 2009, Chris Kenyon, wakil presiden OEM layanan di Canonical Ltd mengumumkan bahwa Canonical memberikan kontribusi rekayasa ke Google [Chrome OS] di bawah kontrak. Dalam diskusi, Sundar Pichai dan Linus Upson membuat yang mereka inginkan menjadi jelas, bila dimungkinkan untuk membangun komponen yang ada dan alat-alat dari komunitas open source tanpa perlu penilitian kembali.
Pada tanggal 25 Januari 2010, Google menerbitkan catatan, gambar dan video dari desain konseptual yangt menunjukkan bagaimana antarmuka dari Chrome OS bila ditampilkan pada tablet PC dengan layar 5-10 inci. Desain akan mencakup tata letak dasar yang sama seperti pada netbook, tetapi dengan antarmuka sentuh, sebuah keyboard qwerty di layout layar yang berbeda, besar, ikon persegi yang ditempatkan di atas tab, dan panel yang ditempatkan di sepanjang tepi bawah yang bisa dibuka dengan gerakan menyeret ke atas. Terbitan ini dibuat dua hari sebelum Apple mengumumkan tablet iPad. Pada tanggal 16 Maret 2011, beberapa perubahan dilakukan Chrome OS yang menunjukkan pengembangan versi tablet dari Google Chrome OS. Pada bulan Maret 2010, Google menunjukkan pertimbangan yang diberikan untuk mengembangkan dua versi dari sistem operasi, versi konsumen dan versi perusahaan.

4. Opera
Sekitar tahun 1992, Jon Stephenson von Tetzchner dan Geir Ivarsey merupakan bagian dari sebuah grup riset di Televerket (sebuah perusahaan telpon asal Norwegia yang sekarang bernama Telenor). Grup teresbut mengambil peranan dalam mengembangkan ODA (Open Document Architecture), yaitu sebuah standar sistem penyimpanan dan pengambilan dokumen, gambar dan yang lainnya.
Grup ini juga mendirikan server Internet pertama di Norwegia dan home page di tahun 1993. Tapi mereka merasa bahwa browser yang mereka gunakan yaitu Mosaic mempunyai struktur yang biasa-biasa saja untuk digunakan secara efektif pada saat bowsing. Oleh karena itu, grup ini tergerak untuk membuat sebuah web browser yang baru dari awal.
Diinspirasikan oleh proyek ODA tadi, mereka melihat suatu pasar potensial untuk membangun sebuah browser yang bisa beradaptasi dengan segala macam struktur web. Di akhir tahun 1995, Televerket berubah namanya menjadi Telenor dan disitulah perusahaan Opera Software dibangun. Produk mereka kemudian diberi nama MultiTorg Opera dan dengan secara cepat digunakan oleh komunitas Internet pada saat itu karena fitur Multiple Document Interface dan sidebar-nya yang membuat browsing beberapa halaman secara sekaligus menjadi lebih mudah.
Opera telah memelopori banyak fitur yang kemudian ditiru oleh browser lainnya. Contohnya, Opera adalah browser pertama yang mengintegrasikan gerakan mouse (mouse gesture) sebagai cara yang mudah untuk navigasi situs. Opera juga memiliki beberapa fitur orisinil, termasuk loading halaman di background, notes, penggantian skin, sesson management dan lain-lain. Selanjutnya Opera menjadi lebih terkenal dan sedikit “nakal” karena Multiple Document Interface yang bisa dibilang mendobrak tradisi web browser yang telah ada.

6. Internet Explorer 7 Beta 3
Pada saat Internet Explorer 7 Beta 1 diluncurkan pada akhir Juli 2005, dunia cukup dikejutkan. Apa sebab? Dibandingkan dengan IE versi 6.0, pada versi 7 tersebut Microsoft mengubah secara besar-besaran semua yang ada di dalam IE versi 6.0. Beberapa hal yang berubah, antara lain adanya tabbed browsing, kemampuan anti-phishing, interface baru, dan dukungan akan RSS feeds.
Namun Beta 1 ini tidak dipublikasikan untuk umum. Tentu saja dengan tujuan supaya publik bisa melakukan tes terhadap browser tersebut dan jika ada kekurangan atau bugs bisa melaporkan langsung ke pihak Microsoft. Internet Explorer versi 7 hanya bisa dijalankan pada Windows XP SP2, Windows Server 2003 SP1, dan Windows Vista.
Saat ini, Internet Explorer 7 sudah mencapai Beta 3 yang diluncurkan pada Juni 2006. Microsoft menyebut Internet Explorer yang baru tersebut dengan sebutan “Easier and More Secure”. Perubahan yang paling terlihat adalah:
1.Dari sisi interface-nya, yakni terdapat tombol bintang yang dapat Anda pergunakan untuk memasukkan situs favorit Anda.
2.Tombol refresh dan home di letakkan pada sebelah kanan address bar, kemungkinan dimaksudkan untuk mempermudah pengaksesan. Tabbed browsing masih disertakan juga di sini, selain itu Anda juga bisa melakukan setting terhadap fitur-fitur yang disediakan oleh tabbed browsing tersebut.
3.Quick Tabs, Anda bisa menampilkan seluruh tab yang sedang Anda buka menjadi bentuk thumbnails yang bisa dilihat hanya pada satu halaman saja.
4.fungsi page zooming-nya. Anda bisa dengan mudah melakukan zomming pada halaman situs yang sedang Anda buka. Cukup tekan tombol Ctrl dan gerakkan mouse wheel ke atas dan ke bawah, maka fungsi zooming akan bekerja. Anda bisa melihat Zoom control pada bagian kanan bawah IE 7 tersebut. Berbeda dengan IE 6.0 yang hanya mampu melakukan zooming pada ukuran text saja, pada IE 7 kali ini baik gambar maupun text bisa Anda zoom secara bersamaan.
7. Opera 9.0
salah satu dari tiga browser yang paling banyak digunakan di dunia. Opera kali pertama diluncurkan pada tahun 1996 sebagai shareware. Kala itu Opera 2.0 adalah satu-satunya lawan yang tangguh bagi Internet Explorer, karena bukan hanya interface-nya saja yang berbeda namun fungsi yang dimiliki browser ini sangat beragam. Ambil saja contoh fungsi tabbed browser yang saat ini digunakan oleh kebanyakan browser. Opera adalah browser pertama yang meng aplikasikan fungsi ini ke dalam browser-nya.
fungsi yang ditambahkan adalah adanya tampilan secara thumbnail dari tab yang ingin Anda buka. Caranya cukup dengan memindahkan kursor mouse ke tab yang Anda inginkan, kemudian isi dari tab tersebut akan muncul dalam bentuk thumbnail.
Pada interface dari Opera tersebut, di sisi sebelah kiri disediakan side bar yang bisa tampil saat Anda mengarahkan kursor mouse ke sisi kiri dari Opera. Saat Anda klik, side bar tersebut akan muncul dan menampilkan beberapa tombol shortcut dari bookmarks, history, widgets, notes, transfer, dan links. Fungsi tambahan yang cukup menarik dan membantu untuk Anda yang membutuhkan akses tombol-tombol tersebut secara cepat.
Beberapa fungsi baru yang bisa Anda temukan saat menggunakan Opera 9.0 antara lain adalah:
– Content Blocking atau yang biasa dikenal dengan AdBlock.
– BitTorrent terintegrasi.
– Opera Widgets.
– Kemampuan untuk membuat search engine dari textfi eld.
– Site Spesifi c Preferences (pop-up blocking, cookies, scripts, user style sheets, useragent masking).
– New Installer. Tersedia dalam 30 Bahasa.
– Integrated Source Viewer.
– Untuk advanced setting confi guration cukup ketikkan perintah opera:config.
– Tampilan thumbnails untuk setiap tab saat Anda meletakkan kursor mouse di atasnya.
Opera adalah browser yang kali pertama menerapkan tabbed browsing, kali pertama yang mendukung RSS, dan sekarang adalah satu-satunya browser yang terintegrasi sebagai BitTorrent client serta memiliki fungsi tab thumbnail (meskipun IE 7 memiliki fungsi yang hampir sama). Belum lagi fungsi dan fitur lain yang disertakan sangat membantu Anda dalam melakukan browsing. Namun tetap saja, entah kenapa browser ini kurang mendapat tempat dihati para user, yang saat ini sudah sangat familiar dengan Firefox.

8. Netscape Navigator
Netscape Navigator didasarkan pada Web Browser Mosaic, yang ditulis oleh Marc Andreessen , seorang karyawan paruh waktu dari Pusat Nasional untuk Aplikasi Supercomputing dan seorang mahasiswa di University of Illinois . Setelah lulus pada tahun 1993,Andreessen pindah ke California dan di sana bertemu Jim Clark , pendiri dari Silicon Graphics . Clark percaya bahwa browser Mosaic memiliki kemungkinan komersial yang besar dan memberikan bibit uang. Lalu terbentuklah Mosaic Communications Corporation yang berpusat di Mountain View , California , dengan Andreessen sebagai wakil presiden. Sejak University of Illinois tidak senang dengan menggunakan perusahaan dari nama Musa, perusahaan ini berganti nama menjadi Netscape Communications (dipikirkan oleh perwakilan penjualan Greg Sands) dan mempunyai nama andalan web browser Netscape Navigator.
Netscape mengumumkan dalam siaran pers pertama (13 Oktober, 1994) bahwa itu akan membuat Navigator tersedia tanpa biaya untuk semua pengguna non-komersial, dan versi Beta versi 1.0 dan 1.1 memang bebas didownload pada bulan November 1994 dan Maret 1995, dan versi penuh 1.0 yang tersedia pada Desember 1994. Karena Kebijakan awal perusahaan Netscape Navigator adalah tentang “menarik”, karena ia mengklaim bahwa itu akan membuat Navigator bebas tersedia untuk non-komersial sesuai dengan gagasan bahwa perangkat lunak internet harus didistribusikan secara gratis.Namun, dalam waktu 2 bulan setelah siaran pers itu, Netscape ternyata terbalik tentang kebijakan pada yang dengan bebas bisa mendapatkan dan menggunakan versi 1.0 , dengan menyebutkan bahwa hanya lembaga-lembaga pendidikan dan non-profit yg dapat menggunakan versi 1.0 tanpa biaya.Pembalikan itu lengkap dengan ketersediaan versi 1.1 beta pada tanggal 6 Maret 1995, di mana siaran pers menyatakan bahwa rilis 1.1 akhir akan tersedia tanpa biaya hanya untuk penggunaan akademis dan organisasi non-profit.
Hilang sudah gagasan diungkapkan dalam siaran pers pertama yang katanya Navigator akan tersedia secara bebas dalam perangkat lunak Internet. Beberapa ahli keamanan dan kriptografer menemukan bahwa semua versi Netscape merilis memiliki masalah keamanan utama dengan menerjang browser dengan panjang URL dan 40 bit kunci enkripsi.
Beberapa rilis pertama dari produk dibuat tersedia dalam “komersial” dan versi “evaluasi”, misalnya, versi “1.0″ dan versi “1.0N”. “N” versi evaluasi benar-benar identik dengan versi komersial; surat itu ada untuk mengingatkan orang untuk membayar browser setelah mereka merasa bahwa mereka telah mencoba cukup lama dan merasa puas dengan itu.Perbedaan ini secara resmi dijatuhkan dalam waktu satu tahun dari rilis awal, dan versi lengkap dari browser terus dibuat dan tersedia untuk online gratis, dengan versi kotak yang tersedia pada disket (dan kemudian CD) di toko-toko bersama dengan periode dukungan telepon .
Dukungan email awalnya bebas, dan tetap demikian selama satu atau dua tahun sampai volume permintaan dukungan tumbuh terlalu tinggi.Selama pengembangan, browser Netscape dikenal dengan nama kode Mozilla , yang menjadi nama Godzilla -seperti seekor naga kartun maskot yang digunakan dengan jelas di situs web perusahaan. Nama Mozilla juga digunakan sebagai User Agent- in HTTP oleh browser.
Web browser lainnya diklaim kompatibel dengan ekstensi Netscape ke HTML, dan karena itu menggunakan nama yang sama di User-Agent mereka, sehingga pengidentifikasi web server akan mengirim mereka halaman yang sama seperti yang dikirim ke browser Netscape. Mozilla sekarang menjadi nama generik untuk hal-hal terkait dengan open source pengganti Netscape Communicator.
MUNCULNYA NETSCAPE
Ketika konsumen internet tiba di pertengahan-ke-akhir 1990-an, Netscape berada di posisi yang baik untuk mengambil keuntungan dari itu. Dengan campuran yang baik dari fitur dan menarik perizinan skema yang memungkinkan penggunaan gratis untuk tujuan non-komersial, browser Netscape segera menjadi standar de facto, terutama pada Windows platform. penyedia layanan Internet dan komputer penerbit majalah membantu membuat Navigator tersedia.Sebuah inovasi penting yang diperkenalkan Netscape pada tahun 1994 adalah layar on-the-fly dari halaman web, di mana teks dan gambar muncul di layar sebagai halaman web download.Sebelumnya web browser tidak akan menampilkan halaman sampai semua grafis di atasnya telah dimuat melalui koneksi jaringan, ini sering membuat pengguna menatap pada sebuah halaman kosong selama beberapa menit. Dengan Netscape, orang yang menggunakan dial-up koneksi bisa mulai membaca teks dari suatu halaman web dalam hitungan detik setelah memasukkan alamat web, bahkan sebelum sisa teks dan grafis telah selesai men-download.
Hal ini membuat web lebih ditoleransi untuk rata-rata pengguna. Akhir 1990-an, Netscape Navigator memastikan bahwa tetap pemimpin teknis antara browser web. Fitur baru yang penting termasuk cookie , frame , proxy yang auto-config , dan JavaScript (dalam versi 2.0). Meskipun mereka dan inovasi lainnya akhirnya menjadi standar terbuka dari W3C dan ECMA dan ditiru oleh browser lain, mereka sering dipandang sebagai kontroversial. Netscape, menurut kritikus, lebih tertarik pada menekuk web untuk “standar” de facto sendiri (melewati komite standar dan dengan demikian meminggirkan persaingan komersial) daripada dalam memperbaiki bug dalam produk-produknya.
Hak-hak konsumen pendukung yang sangat kritis terhadap cookies dan situs web komersial menggunakan mereka untuk menyerang privasi individu.Di pasar, bagaimanapun, masalah ini membuat sedikit perbedaan.Netscape Navigator tetap menjadi pemimpin pasar dengan lebih dari 50% pangsa pasar . Perangkat lunak browser yang tersedia untuk berbagai sistem operasi , termasuk Windows ( 3.1 , 95 , 98 , NT ), Macintosh , Linux , OS / 2 , dan banyak versi Unix termasuk Desember , Sun Solaris , BSDI , IRIX , AIX , dan HP-UX , bekerja hampir sama pada setiap salah satu dari mereka. Netscape mulai bereksperimen dengan prototipe dari sistem berbasis web, yang dikenal secara internal sebagai “Constellation”, yang akan memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengedit file-nya mana saja di seluruh jaringan tidak peduli apa sistem operasi komputer atau ia kebetulan menggunakan.
Pengamat industri percaya diri meramalkan fajar era baru komputasi terhubung. Yang mendasari sistem operasi , diyakini, akan menjadi pertimbangan penting; aplikasi masa depan akan dijalankan dalam web browser. Hal ini dilihat oleh Netscape sebagai kesempatan yang jelas untuk berkubu Navigator di jantung generasi berikutnya dari komputasi, dan dengan demikian mendapatkan kesempatan untuk memperluas ke segala macam perangkat lunak lain dan pasar layanan.
JATUHNYA NETSCAPE
Dengan keberhasilan Netscape menunjukkan pentingnya web (semakin banyak orang yang menggunakan Internet sebagian karena kemudahan menggunakan Netscape). Microsoft kemudian melihat pasar yang menguntungkan baru mereka bisa mengambil alih. Anti-Microsoft mengolok-olok dan berbicara dari Constellation Netscape menghilangkan sistem operasi lanjut Microsoft. Setelah memimpin Netscape, Microsoft memulai kampanye untuk memasuki pasar browser web perangkat lunak. Seperti Netscape sebelum mereka, Microsoft berlisensi kode sumber Mosaic dari Spyglass, Inc ( University of Illinois ). Menggunakan kode dasar, Microsoft menciptakan Internet Explorer (IE).Perang antara Microsoft dan Netscape mendominasi Browser. Internet Explorer, Versi 1.0 (dikirim di Internet Jumpstart Kit di Microsoft Plus! Untuk Windows 95 ) dan IE, Versi 2.0 (lintas platform web browser pertama yang mendukung Windows dan Mac OS ) dianggap untuk menjadi rendah dan primitif bila dibandingkan dengan versi kontemporer dari Netscape Navigator.
Dengan rilis IE versi 3.0 (1996) Microsoft mampu mengejar ketinggalan dengan Netscape kompetitif, dengan IE Versi 4.0 (1997) peningkatan lebih lanjut dalam hal pangsa pasar. IE 5.0 (1999) peningkatan stabilitas dan mengambil pangsa pasar yang signifikan dari Netscape Navigator untuk pertama kalinya.Ada dua versi dari Netscape Navigator 3.0; Edisi Standar dan Edisi Emas. Yang terakhir ini terdiri dari browser Navigator dengan e-mail, pembaca berita, dan WYSIWYG Web compositor halaman, namun fungsi-fungsi ekstra membesar dan memperlambat perangkat lunak, rendering itu rentan terhadap terjangan.
Gold Edition ini berganti nama menjadi Netscape Communicator mulai dengan versi 4,0; perubahan nama diencerkan pengakuan nama penggunanya dan bingung. Netscape CEO Jim Barksdale bersikeras pada perubahan nama karena Communicator adalah tujuan umum aplikasi client, yang berisi browser Navigator.Netscape Communicator kode 4.x penuaan yang lebih lambat dari Internet Explorer 5.0 . Halaman web yang khas telah menjadi sangat diilustrasikan, sering JavaScript -intensif, dan dikodekan dengan fitur HTML dirancang untuk tujuan tertentu tetapi sekarang digunakan sebagai alat tata letak global (tabel HTML, contoh yang paling jelas dari ini, yang terutama sulit bagi Communicator untuk membuat). Browser Netscape,produk yang solid sekali, menjadi rawan kecelakaan, misalnya, beberapa versi ulang-download seluruh halaman web untuk kembali membuat ketika jendela browser itu kembali berukuran (gangguan bagi pengguna dial-up) , dan browser biasanya akan crash ketika halaman yang terkandung sederhana Cascading Style Sheets . Selain itu, browser Netscape Communicator desain antarmuka muncul tanggal dibandingkan dengan Internet Explorer dan perubahan antarmuka dalam Microsoft dan sistem operasi Apple.
Pada akhir dekade, web browser Netscape kehilangan dominasi atas platform Windows. Pada platform komputer lain, itu terancam oleh open-source browser, dan Agustus 1997 kesepakatan Microsoft keuangan untuk menginvestasikan 150.000.000 dolar di Apple , membutuhkan bahwa Apple membuat Internet Explorer web default browser di Mac OS distribusi baru.Yang terbaru IE Mac rilis pada waktu itu adalah Internet Explorer versi 3.0 untuk Macintosh, namun Internet Explorer 4 dirilis akhir tahun itu. Microsoft berhasil memiliki ISP dan vendor PC mendistribusikan Internet Explorer untuk pelanggan mereka, bukan dari Netscape Navigator, sebagian besar karena Microsoft menggunakan leverage dari lisensi Windows OEM, dan sebagian dibantu oleh investasi Microsoft dalam membuat IE brandable , seperti bahwa versi IE disesuaikan dan ditawarkan.Juga, pengembang web menggunakan proprietary , browser ekstensi khusus di halaman web.Baik Microsoft dan Netscape ditemukan bersalah mendukung ini, setelah menambahkan banyak tag HTML ke browser milik mereka,yang memaksa pengguna untuk memilih antara dua web browser bersaing dan hampir tidak kompatibel.Pada bulan Maret 1998, Netscape merilis sebagian besar basis kode untuk Netscape Communicator di bawah lisensi open source . Produk, Netscape 5 , digunakan open source sumbangan masyarakat, dan dikenal sebagai Mozilla asli, Netscape Navigator kode nama . Programmer netscape memberi Mozilla GUI yang berbeda, melepaskan sebagai Netscape 6 dan Netscape 7. Setelah pengujian beta publik yang panjang, Mozilla 1.0 dirilis pada tanggal 5 Juni 2002. Kode dasar yang sama-, terutama Gecko layout engine , menjadi dasar dari aplikasi independen, termasuk Firefox dan Thunderbird .Namun, web browser ini butuh waktu bertahun-tahun untuk menghasilkan hasil. Sementara itu, America Online telah membeli Netscape, dan merilis Netscape Navigator 6 dari pra- beta bentuk-kualitas basis kode Mozilla. Hal ini tidak melakukan apa pun untuk memenangkan kembali pengguna, yang terus bermigrasi ke Internet Explorer. Pada tanggal 28 Desember 2007, para pengembang Netscape mengumumkan bahwa AOL telah membatalkan pengembangan Netscape Navigator, dan meninggalkannya pada 1 Maret 2008.Meskipun demikian, versi browser yang tidak didukung tetap tersedia untuk di-download.

sumber : Mauliaspensagres.wordpress.com ( selasa 6 Maret 2014)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s